Jumat, 22 Agustus 2014

Waspadai PENIPUAN Lowongan Kerja


Astagfirullah Nyaris ketipu
Dear shobat saudara dan kerabat…..
Waspadai PENIPUAN berkedok Lowongan Pekerjaan yang mengatasnamakan Perusahaan BUMN dan SWASTA Terkenal, dengan kedok Lowongan Pekerjaan yang Menggiurkan...
Saya pun termasuk dari pada orang yang terkena penipuan itu, untungnya saya masih teliti kalau enggak.... waduh bisa habis deh uang Saya... cerita saya ini hampir sama dengan yg di utarakan oleh http://bidan-aktif.blogspot.com/2013/04/waspada-hindari-bahaya-penipuan.html
Awal mulanya saya iseng – iseng buka internet dan cari cari informasi menenai pembukaan CPNS, alhasil  apa yang saya cari saya temuin… dan entah bagai mana saya tidak sengaja mengklik salah satu website yang saya sendiri  webnya…hehehe sorry
Saat itu saat baca mengenai penerimaan pegawa Rumah Sakit Pertamina Bina Medika , jelazzzz dunk saya tertarik wong itu perusahaan BUMN kalo ndak salah..hehehhehe
Kemudian saat itu juga saya kirim lamarannya ke email yang di tuju (saya masih ingat banget hari itu  hari rabu tanggal 20 agustus 2014) dua hari yang lalu men n sista….
Alamat emailnya : recruitment.rspm@dr.com
Kemudian keesokannya tanggal 22 agustus 2014 hari jum’at (2 hari setelah surat lamaran saya kirim) balasan surat lamarannya saya terima dengan judul emailnya Recrument RSPM, ada 6 halaman, isi surat panggilan kerja itu sengguh meyakinkan jika kita tidak teliti … (maaf sebelumnya tulisan "PERTAMINA" yang di background nya, saya putihin sedikit, supaya tulisannya bisa ke baca al hasil ficnya terlihat ndak rata gitu maaf ya)

ini surat nya
1
2
3

4

5

6




Lanjut….. setelah itu saya langsung nelfon suami dengan girangnya saya menceritakan surat panggilan itu, dan suami saya sedikit curiga karna koq pake penjemputan segala dan pake akomodasi emangnya training. Yang pasti jika mau lulus mustinya ada usaha ndak peduli lokasi rumah jauh atau ndak… yang penting datang jika ndak datang yaa ndak lulus… tapi yang ada saya nya ndak percaya sama suami dan saya bilang siapa tau ini beda jelas ja kan ini RSPB gajinya aja gede…. pokoke gitu deh…
Setelah berbicara dengan suami kemudian saya pun kembali membaca surat panggilan tes tersebut dan melihat alamat emal yg tertera…. Dan selanjutnya saya coba cari web www.dr.com tapi saya tidak menemukan web itu…. Dan kemudian say coba browsing tentang PT. Mega Madiri dan RSPP disaat saya blom mendapatkan hasil dari browsing saya, saat itu juga saya dapat sms dari Dr. Daniel Andreas,M.Kes dengan nomor seluler :  085 361 842 333 (jam 11:57 wib hari jum’at tgl 22 agustus 2014.

Isi SMS nya :
Yth.!
Surat Pelamar PT.PERTAMEDIKA
Surat panggilan tes sudah kami kirim via email, silahkan dicek.
Laporan kehadiran anda harus masuk secepatnya.

MANAGER HRD


Dari SMS nya saya belum curiga padahal jika di simak dan dilihat dari SMS nya koq menggunakan noponsel ? trus biasanya langsung di telfon menggunakan nomor kantor, dan penulisan “HRD” >> MANAGER HRD. Hal ini jelas banget sangat meragukan.Tapi saat itu saya sedang senang dan tidak berfikir smar.
Dan saya pun membalas SMS tersebut dengan format yg di anjurkan.

Isi SMS Saya :
PERTAMEDIKA_ANNEY_HADIR

Kemudian dibalas lagi oleh sang penipu, isi SMS nya :
Silahkan hubungi pihak travel yang sudah disiapkan oleh perusahaan untuk reservasi tiket anda.

SMS nya sudah tidak saya balas lagi….
Saya coba telfon nomor yang di maksud (Penanggung Jawab   :  Rahmat Arif, S.Kom      Bagian Reservasi pihak tavel     :  0823 2389 8757 (jam 12.40 wib tgl 22 Agus 2014)

Pada saat saya telfon dan saya komfir bahwa saya adalah calon peserat tes panggilan keja RSPB kesetika itu dia minta saya telfonlagi sekitar 10 menit lagi. Saat itu saya saya bingung koq begini sih.. jangan jangan apa yg di omongin oleh suami itu benar. Tapi saya berfikir lagi, jika ini benar panggilan dari RSPB bagai mana? Kan saya yang rugi. Hahahaha masih penasaran soalnya.
10 menit pun berlalu dan saya kembali menelefon ke nope 0823 2389 8757.

Kemudian langsung saya hubungi deh PIHAK trevel, dengan Bijak ia menjawab harap segera mengirimkan alamat lengkap dan kami akan mengirimkan nomor rekening untuk pembayarannya, saya menjawan pembayaran apa, domisili saya daeran Jakarta saya bisa datang sendiri, kemudia pihak travel berkata ini sudah ketentuan dari perusahaan semua peserta diwajibkan menginap di hotel karna mbak di daerah Jakarta jadi cukup 1 malam saja. Dan biaya tranfortasi beserta penginapannya sebesar Rp.1.500.000, . sontak hati mulai curiga apa apa ini belom juga ujian sudah di tagih uang sebanyak itu.
Kemudian saya jawab ya udah baiknya bagai mana aja deh, kirim aja noreknya, kemudian pihak tavel bertanya mau norek apa ? saya jawab BCA dan Mandiri, Pihak Travel tidak mau kasi 2 norek. Katanya 1 aja, yang pasti aja,. Ya saya minta norek mandir. Kemudian pihak travel mejawab lagi kirim alamat lengkap anda soalnya mau kami data, supa besok bias kami jemput di lokasi. Kemudian jawaban saya oke.

Lama saya baru kirim alamat saya karna saat itu saya sedang focus dengan peencarian informasi tentang PT. Mega Madiri dan RSPP. Banyak sekali yang tertipu dengan modus lamaran pekerjaan.. dan saya menemukan bacaan di salah satu bog yang isi nya tentang peringatan terhadap penipuan, saya lihat dan saya baca di situ ada PT. Megah Mandiri Tour&Travel… dalah salah satu tour&travel penipuan, astagfirullah….. mau lihat dan baca lebih jelas silahkan kunjungi http://bongkarpenipuan.blogspot.com/2013_07_01_archive.html dan http://bidan-aktif.blogspot.com/2013/04/waspada-hindari-bahaya-penipuan.html

Lanjut cerita, kemudian saya mengirimkan alamat yang di minta (tapi saya kasih alamat palu) hahahha ayu ting-ting kellleeeesss……

Kemudian pihak travel sms (sabtu 22 agus 2014 jam 13.36 wib) “harap hubungi kami segera”…. Saya pun tidak menghubunginya… alhasil pihak travel yg hubungi saya 1 kali tidak saya angkat 2x kalinya saya angkat, pihak travel berkata norekening kami kirim dengan menggunakan norek atas nama bendahara setelah transfer mohon di komfirkembali ke kami… (waduh waduh waduh ini pie koq ngirim nya ke norek pribadi bukannya ke norek perusahaan travel PT. Mega mandiri…… hati mulai saaaangaaat curiga).


Kemudiam saya menerima SMS( tanggl 22 agus 2014 jam 14.21 wib), dari pihak Travel, begini isinya :
“Rekening Pembayaran.
MANDIRI
a/n. Bendahara Mega Mandiri tour&travel ( ERIK RAHARJO )
No Rek. 9000-0154-33-916
Total IDR 1.500.000

Kemudian saya jawan SMS nya denga isi (22 agus 2014 jam 14.37 wib):
“Sabtu kantornya buka kan ? hari sabtu saya ke kantornya… Sekalian Transfer, alamatnya benar jln. Tanjung duren barat I, nomor 46 jakbar kan… ?

(jam 14.37 wib 22 agus 2014) Kemudian pihak travel saat setalah menerima SMS dari saya lansung menelfon saya dan saya angkat isi dari pembicaraan saya seperti ini :
“mbak tidak bias ikut ujian tes seleksi, dan kami anggap mbak gugur, saya jawab nah lho koq bias ? karna kami hanya memberikan batasn waaktu 1.5 jam dari sekarang untun mentransfer uang itu ke kami, jika tidak mbak tidak bias ikut tes seleksi…. Saya jawab lagi nah lho koq pake batas waktu, trus pihak travel jawab emang seperti itu prosedurnya… mbak mau ikut tes atau tidak mau di tunggu 1.5 jam dari sekarang… dan saya jawab aja oke saya itransfer sekarang, telfonpun saya tutup.

2 jam berlalu kemudian pihak travel menelfon saya, lagi dan tidak saya publis lagi karna saya sudah yakin ini benar-benar penipuan.
Pertam jam 15.36 wib ; 22 agus 2014
Kedua jam 15.37 wib ; 22 agus 2014

Jadi buat shobat, saudara dan kerabat….. hati hati dengan segala tawaran, jika menerima tawaran harap di cek terlebih dahulu… jangan sampe kettipu mentah mentah…. Bagusnya saya tidak mentransfer uangnya jika saya transfer yang pastinya uang saya tidak kembali dan pekerjaan di RSPB pun tidak saya peroleh… hahahahaha….
Bersyukur kepada ALLAH SWT berkat perlindungannya saya terbebas dari sipenipu.
Semoga kita semua slalu dalam lindungan SANG ILAHI ROBB…. AMIN.

26 komentar:

  1. alhmdulillah ya mba..aku jg hampir saja ketipu..tpi alhmdulillah ga jdi ..gara2 pas ,mau kirim kok emailnya eror,hehe pas buka web resminya kok rspp belum buka lowongan..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ea alhamdulillah...
      allah akan sesalu melindungi orang-orang yang baik

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ea senangnya berbagi.. semoga kita semua terhindar dari orang-orang yang yang berniat jahat... amin

      Hapus
  3. Alhamdulillah.. terimakasihhh infonyaa... saya juga baru dapat email dan isinya seperti itu... awalnya saya terkejut dan senang sekali tapi akhirnya saya urungkan niat untuk mengikuti tes trsebut karena beberapa hal.. salah satunya saya masih terikat kontrak kerja..
    saya mulai curiga ketika 2 hr yang lalu juga menerima email yg sama, dg mengatasnamakan pt.peruri.. Perusahaan BUMN percetakan uang republik indonesia... dari namanya uda kereeeennn kaan yaa... yg isinya juga sama dg yg di atas namun beda nama travelnya..nama travelnya BUANA TRAVEL.... kata2 nya pun hampir sama. dan kata2 di sms yg dikirimkan ke saya juga sama dg yg pt.pertamedika... jd HATI2 buat semuanyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ....
      Semoga kita selalu dalam lindungan ilahi robbi
      amin

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Makasi sis info nya... membantu banget..
    kejadian nya sama persis dg sis anney.. saya jg ampir ketipu dg kata kata yg menggiurkan lidah.
    hahahaaaa lowongan dari perum peruri panggilan nya hari ini tes nya dua hari kedepan...
    saya gk langsung percya . saya lihat website asli perum peruri . trnyata info kontak nya aj udah beda.
    trus yg lebih PARAH lagi, cap prusahaan nya EDITAN, kyk ny kurang ilmu.. lebih mahir saya...
    :D kwkwkwkwkkw
    hati2 bro sis.. jgn lasng prcya dgn email abal abal... :D ahhahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama >>> senagnya saling berbagi informasi.....

      Hapus
    2. Iya hati2,, aku baru saya dpt email dri perum peruri ri. Sdikit meyakinkan, tp coba lebih di teliti lgi.. tulisan yg d edit beda sama yg lain.tulisan Yg bawa sndri jg aneh.trus stempelny jg editan. Trus yg pling parah pke trafel yg d tentukan n d jemput, jgn2 mau d jual n d bwa kluar negri djdikn pk, kan ngerriii tuhhh..
      Dan satu lgi cek blok asli bumn trnyt uda d adakan test.
      Wkwk.. harus smart n bijak klo masalah beginian.. think smart girl..

      Hapus
    3. Hahahaha... Bener banget tuh... Musti smart n bijak... Jangan buru buru percaya dengan tawaran yang menggiurkan 😉

      Hapus
  6. ya Allah,untung akubaca duluan sebelum percaya, tapi suratnya meyakinkan bener ya...
    kok tega dia nipu gitu, alhamdulillah setidak nya Allah melindungi saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin >> semoga slalu dalam lindungan ilahi robb...
      dan semoga orang yg berniat jahat itu di berikan hidayah untuk bertobat....'
      amin

      Hapus
  7. saya uda 3 kali ada pangilan interview lewat email.hri ini saya ada pangilan interview.apa kah itu penipuan kh.tolong dong infox teman2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicek dulu kebenarannya musti teliti kan ndak semua panggilan interview itu motif penipuan ....

      Hapus
  8. mb anney..terimakasih banyak..tulisannya bermanfaat.saya jg mendapatkan email balasan dan dihubungi via sms sampai 2 kali.merasa tidak yakin dengan mekanisme perekrutan,saya mencari pencerahan sampai akhirnya bertemu dg blognya mb anney.. :)

    BalasHapus
  9. Baru aj terima email yg isinya sm persis dgn mba anney... Mskasih tuk infonya.. Sy tidak jd tertipu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama... Alhamdulillah.... Semoga kita semua dilindungi ALLAH... Amin

      Hapus
  10. mba penipuan ini masih ada ajaloh di tahun 2016. dengan pt travel yang berbeda. untung ada blog mba. makasih ya mba

    BalasHapus
  11. Saya hampir ketipu.. Thanks mba pencerahannya.. Sama persis kaya gitu

    BalasHapus
  12. Sama sama.... Senangnya saling berbagi... 😉

    BalasHapus
  13. buat kalian semua yg dapat panggilan kerja di jalan K.H. Azhari no. 116A, atau jalan Roxi Mas no. 117,, ataupun sekitar Roxi dan Grogol,,, JANGAN DATANG DAN JANGAN MAU DIMINTAIN UANG.. mau nama PT nya apapun itu aslinya nama PT nya PT. INTI TAMA KARSA,,, MAU LEBIH JELAS SOAL ITU PT ya kalian cari aja di google ketik PT. INTI TAMA KARSA...

    BalasHapus
  14. modus terbaru nih. hati-hati
    http://www.lisubisnis.com/2016/12/penipuan-rekrutmen-karyawan.html

    BalasHapus
  15. makasih sis infonyaaa...... untuk aja aku cari riview tentang penipuan semacam ini.... makasih bangettt

    BalasHapus